Analisis Strategi Pemasaran Digital di Media Sosial Instagram @nails.bycica
DOI:
https://doi.org/10.59141/comserva.v5i3.3240Keywords:
Pemasaran Digital, Instagram, Nail Art, Strategi Media Sosial, Perilaku KonsumenAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran digital yang digunakan oleh @nails.bycica, penyedia layanan nail art di Yogyakarta, melalui media instagram. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi langsung melalui Instagram @nails.bycica, wawancara secara langsung dengan pemilik, dan tinjauan pustaka. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemilik Instagram @nails.bycica secara efektif memanfaatkan fitur interaktif Instagram, seperti konten estetik yang konsisten (desain nail art, testimoni pelanggan, promosi), sesi tanya jawab (Q&A), dan repost story, untuk membangun kestabilan merek dan berinteraksi dengan target audiensnya, yang didominasi perempuan muda. Metrik interaksi yang tinggi dan testimoni menjadi peran penting dalam menumbuhkan kepercayaan dan mendorong promosi mulut ke mulut, selaras dengan tahap share dalam model AISAS. Mengukur keberhasilan bisnis ini dengan cara menargetkan tingkat keterlibatan minimal 10% dari pengikutnya, melalui insight ini untuk optimasi berkelanjutan. Wawancara melalui konsumen lebih lanjut mengaskan untuk tampilan instagram yang menarik secara visual, informatif, dan selaluo diperbarui, ditambah dengan penggalaman pelanggan yang positif adalah pendorong minal awal dan kunjungan berulang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media Instagram tidak hanya sebagai alat promosi tetapi juga sebagai platform untuk membangun hubungan pelanggan dan memperkuat posisi merek di pasar yang kompetitif.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nabila Anggi Syahbina, Eka Anisa Sari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.