Pengaruh Kualitas Tenaga Pengajar, Citra Sekolah, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Orang Tua Memilih SD Katolik Karya Yosef Pontianak
DOI:
https://doi.org/10.59141/comserva.v4i11.3004Keywords:
kualitas guru, citra sekolah, kualitas pelayanan, pengambilan keputusanKataAbstract
Penelitian ini mengkaji pengaruh kualitas guru, citra sekolah, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan orang tua untuk memilih SD Katolik Karya Yosef Pontianak sebagai lembaga pendidikan bagi anak-anaknya. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penurunan pendaftaran siswa yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir, diduga disebabkan oleh berbagai faktor yang berkaitan dengan kualitas pendidikan dan persepsi publik terhadap sekolah. Pada tahun akademik 2024/2025, penurunan jumlah siswa terbesar terjadi. Wawancara dan observasi awal mengidentifikasi tiga faktor yang diduga mempengaruhi penurunan ini: kualitas guru, citra sekolah, dan kualitas layanan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan survei, melibatkan 98 orang tua siswa kelas satu sebagai responden dengan menggunakan teknik saturated sampling. Data dianalisis menggunakan regresi linier berganda dengan SPSS 27 untuk menguji hubungan antara variabel independen (kualitas guru, citra sekolah, dan kualitas layanan) dan variabel dependen (keputusan orang tua untuk memilih sekolah). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas guru, citra sekolah, dan kualitas layanan masing-masing memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap keputusan orang tua. Temuan ini memberikan implikasi praktis bagi SD Katolik Karya Yosef Pontianak untuk meningkatkan manajemen sumber daya manusia, memperkuat citra sekolah, dan mengoptimalkan kualitas layanan untuk menarik minat orang tua lebih banyak.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rudy Yanuarto, Tin Agustina Karnawati, Dany M. Handarini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.