Pengaruh Jam Belajar, Kedisiplinan, dan Dukungan Orang Tua Terhadap Prestasi Akademik Peserta Didik di SMP Swasta Methodist 5 Medan
DOI:
https://doi.org/10.59141/comserva.v4i11.2989Keywords:
jam belajar, kedisiplinan, dukungan orang tua, prestasi akademikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh jam belajar, kedisiplinan, dan dukungan orang tua terhadap prestasi akademik peserta didik di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) tepatnya di SMP Swasta Methodist 5 Medan. Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya pemahaman mengenai faktor-faktor yang memengaruhi prestasi akademik, yang tidak hanya terbatas pada kemampuan intelektual tetapi juga dipengaruhi oleh aspek eksternal seperti waktu belajar, kedisiplinan, serta peran keluarga. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan regresi linier berganda untuk menganalisis data. Sampel penelitian ini adalah peserta didik SMP Swasta Methodist 5 di Medan, kelas IX (Sembilan). Hasil analisis menunjukkan bahwa jam belajar, kedisiplinan, dan dukungan orang tua berpengaruh signifikan terhadap prestasi akademik peserta didik. Secara spesifik, variabel kedisiplinan memiliki pengaruh paling dominan dalam meningkatkan prestasi akademik, diikuti oleh dukungan orang tua dan jam belajar. Temuan ini mengindikasikan bahwa peningkatan dalam kedisiplinan belajar dan dukungan orang tua sangat penting dalam mencapai hasil akademik yang optimal. Berdasarkan hasil ini, diharapkan pihak sekolah dan orang tua dapat bekerja sama untuk membentuk lingkungan belajar yang mendukung dan terstruktur bagi siswa.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Catharina Apriani Hutabarat, Ronald Suryaputra, Dany M. Handarini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.