Peningkatan Keterampilan Guru Bahasa Inggris SMP/MTS se-Kota Parepare dalam Menyusun Modul Ajar yang Kontekstual dan Efektif dalam Implementasi Kurikulum Merdeka

Authors

  • Erwin Erwin Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Mas’ud Baddolo Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Marwati Abd. Malik Universitas Muhammadiyah Parepare
  • A.S. Anggung Anggari Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Alim Alqadri Amir Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Andi Wanda Rahdiatullah Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Miftah Syahdatin Annur Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Nurul Mutmainnah Arif Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Rifkah Chaerunnisa Universitas Muhammadiyah Parepare

DOI:

https://doi.org/10.59141/comserva.v4i1.1340

Keywords:

Kurikulum Merdeka, Kontekstual, Efektif, Bahasa Inggris

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru Bahasa Inggris SMP/MTs Se-Kota Parepare dalam menyusun modul ajar yang kontekstual dan efektif dalam implementasi Kurikulum Merdeka. Metode pengabdian yang digunakan adalah pelatihan dan pendampingan. Pelatihan dilakukan dengan memberikan materi tentang penyusunan modul ajar yang kontekstual dan efektif, sedangkan pendampingan dilakukan dengan membantu guru dalam menyusun modul ajar sesuai dengan konteks dan kebutuhan belajar peserta didik. Pelatihan dan pendampingan ini efektif dalam meningkatkan keterampilan guru dalam menyusun modul ajar yang kontekstual dan efektif sesuai dengan prinsip Kurikulum Merdeka. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya skor tes pengetahuan dan keterampilan guru dalam menyusun modul ajar, serta meningkatnya kualitas modul ajar yang dihasilkan oleh guru. Pengabdian ini memberikan kontribusi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Inggris di SMP/MTs Se-Kota Parepare. Modul ajar yang kontekstual dan efektif dapat membantu peserta didik untuk belajar dengan lebih bermakna dan mencapai tujuan pembelajaran yang optimal

Downloads

Published

2024-05-29