Analisis Kepuasan Pengguna Layanan Asrama Peserta Pelatihan, Pendidikan dan Pengembangan Kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam Implementasi Kepmendagri Nomor 000.2.4–1294 Tahun 2024
DOI:
https://doi.org/10.59141/comserva.v5i1.3123Keywords:
user satisfaction, dormitory facilities, civil servants, SEM, public policyAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi kepuasan pengguna layanan asrama bagi peserta pelatihan, pendidikan, dan pengembangan kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Unit Pelaksana Teknis (UPT) BPSDM Kementerian Dalam Negeri. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pentingnya peningkatan kualitas layanan berbasis kebutuhan pengguna guna mendukung efektivitas program pelatihan ASN. Pendekatan kuantitatif digunakan dengan metode Structural Equation Modeling (SEM) yang diolah menggunakan perangkat lunak AMOS terhadap 412 responden. Variabel yang dianalisis meliputi fasilitas kamar mandi, dapur umum, ruang tidur-belajar, ruang rekreasi, layanan pendukung, jenis kelamin, latar belakang etnis teman sekamar, dan biaya sewa. Hasil analisis menunjukkan bahwa seluruh variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna, dengan fasilitas kamar mandi sebagai faktor yang paling dominan. Temuan ini menunjukkan bahwa perhatian terhadap aspek fasilitas dasar dan kondisi lingkungan sosial dalam asrama sangat penting dalam mendukung kenyamanan dan kepuasan peserta pelatihan. Implikasi dari penelitian ini relevan terhadap implementasi Kepmendagri No. 000.2.4–1294 Tahun 2024, khususnya dalam perumusan kebijakan peningkatan layanan asrama berbasis data dan kebutuhan nyata pengguna.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Eni Kurnia, Ilham Purnomo, Prijambodo Prijambodo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.