Pengembangan Strategi Bisnis Menggunakan Swot-AHP dan Business Model Canvas (BMC) Pada Perusahaan Penyedia Jasa Pengeboran dan Perawatan Sumur Migas

Authors

  • Diles Parel Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Indonesia
  • Ruri Agung Wahyuono Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/comserva.v4i11.3034

Keywords:

rig darat, SWOT, AHP, business model canvas, strategi bisnis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan meningkatkan kinerja bisnis perusahaan lokal PT XYZ, yang menyediakan layanan rig darat untuk industri hulu minyak dan gas bumi di Indonesia. Perusahaan ini bekerja sama dengan PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) dan bertujuan untuk menjadi penyedia jasa pengeboran sumur minyak dan gas, kerja ulang sumur, serta penyewaan peralatan operasional sumur minyak dan panas bumi yang terpercaya dan terkemuka. Melalui penelitian ini yang menggunakan analisis SWOT, yang dipadukan dengan AHP dan Business Model Canvas (BMC) sebagai kerangka kerja, dapat dirancang strategi pengembangan bisnis yang efektif serta memberikan rekomendasi praktis untuk meningkatkan strategi bisnis. Analisis ini juga akan mengevaluasi model bisnis yang ada saat ini, kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman, serta faktor internal dan eksternal yang memengaruhi pengembangan bisnis perusahaan.

 

Downloads

Published

2025-03-27