Peran Media Sosial Dalam Pola Komunikasi Generasi-Z; Antara Tantangan Dan Peluang
DOI:
https://doi.org/10.59141/comserva.v4i11.2999Keywords:
peran media sosial, pola komunikasi, generasi-z, tantangan, peluangAbstract
Media sosial juga merupakan digitalisasi karena media sosial merupakan transformasi dari interaksi manual menjadi digital baik untuk jenis dokumen tertulis, audio, maupun video. Generasi-Z lebih memilih melakukan komunikasi yang cepat melalui media sosial tanpa harus mengeluarkan banyak tenaga untuk bertatap muka. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan adanya tantangan dan peluang yang timbul dari peran media sosial dalam membangun pola komunikasi sesuai karakter generasi-Z. Pada penelitian yang dilakukan akan menggunakan metode studi literatur atau biasa dikenal dengan metode kepustakaan. Penelitian ini memanfaatkan submer data dari tinjauan Pustaka yang bersumber dari jurnal-jurnal penelitian terdahulu, buku, dokumen, atau media lainnya yang relevan dengan penelitian ini. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media sosial berperan dalam perubahan pola komunikasi yang terjadi pada generasi-Z. pola komunikasi yang terbentuk dari generasi-Z adalah komunikasi yang memaanfaatkan media sosial sebagai perantara yang efektif dalam segi waktu, kesempatan, tenaga, dan lebih memberikan kepercayaan diri. Adanya perubahan pola komunikasi menghadirkan dampak positif dan negatif yang memunculkan tantangan ataupun peluang. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa peran media sosial dalam membangun pola komunikasi baru pada generasi-Z memunculkan tantangan dan peluang tersendiri.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fadli Erwan Ibrahim, Oman Sukmana, Wahyudi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.