Peran Media Sosial dalam Pembentukan Opini Publik dan Pola Partisipasi Politik Generasi Milenial
DOI:
https://doi.org/10.59141/comserva.v4i11.2988Keywords:
media, persepsi masyarakat, isu politik, framing, opini publicAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh media dalam membentuk persepsi publik mengenai isu-isu politik. Berbagai jenis media, termasuk media cetak, elektronik, dan digital, memiliki peran penting dalam membentuk opini publik serta mempengaruhi sudut pandang individu terhadap isu-isu politik. Di tengah perkembangan era digital, media sosial dan platform berita daring menjadi sumber utama informasi masyarakat, yang secara signifikan dapat mempengaruhi persepsi dan sikap terhadap isu politik, baik di tingkat nasional maupun internasional. Penelitian ini mengadopsi metode survei dan analisis konten pada pemberitaan isu politik tertentu untuk mengetahui sejauh mana media mempengaruhi persepsi publik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intensitas pemberitaan dan pengaturan sudut pandang dalam media dapat mengarahkan opini publik dan membentuk persepsi yang cenderung bias terhadap suatu isu. Selain itu, kepercayaan terhadap sumber informasi juga memengaruhi sejauh mana dampak media terhadap persepsi politik publik. Penelitian ini diharapkan dapat mendukung pengembangan literasi media yang lebih kritis di masyarakat dan menyadarkan pentingnya peran media dalam sistem demokrasi.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Bugi Satrio Adiwibowo, Ayu Larasati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.