Pengaruh Kualitas Aplikasi Dan Promosi Terhadap Keputusan Gen Z Menjadi Nasabah di Bank Digital Blu Bca Dengan Trust Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Di Kota Malang)
DOI:
https://doi.org/10.59141/comserva.v4i11.2901Keywords:
Kualitas Aplikasi, Promosi, Trust, Keputusan Menjadi NasabahAbstract
Tahun 2024 Indonesia mulai memasuki era serba digital. Berbagai sektor mulai melakukan transformasi dan adaptasi dalam menghadapi era digital ini, salah satunya adalah dunia perbankan. Bank digital adalah lembaga keuangan yang menyediakan layanan perbankan sepenuhnya melalui aplikasi secara online, tanpa perlu keberadaan cabang fisik dengan target market yang cocok adalah Generasi Z. Blu by BCA adalah layanan perbankan digital yang dikembangkan anak perusahaan Bank BCA yang bernama PT Bank Digital BCA. Blu beroperasi sepenuhnya secara online melalui aplikasi mobile dan menawarkan berbagai fitur perbankan modern. Generasi Z melakukan transaksi menggunakan Blu by BCA karena memiliki fitur-fitur yang sesuai kebutuhan, promosi yang menarik, dan kepercayaan yang tinggi sebagai anak perusahaan dari PT Bank Central Asia Tbk. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis: 1) pengaruh kualitas produk dan promosi terhadap trust secara simultan maupun parsial, 2) pengaruh kualitas produk dan promosi terhadap keputusan menjadi nasabah secara simultan maupun parsial, 3) pengaruh trust terhadap keputusan menjadi nasabah, 4) pengaruh kualitas produk dan promosi terhadap keputusan menjadi nasabah melalui trust secara parsial maupun simultan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan berupa kuisioner. Penelitian ini dilakukan pada generasi Z pengguna Blu by BCA di Kota Malang. Populasi dalam penelitian ini tidak diketahui dengan sampel penelitian berjumlah 100 orang responden dengan teknik purposive sampling. Analisa data menggunakan analisis jalur (path analysis) dengan menggunakan bantuan software SMART PLS 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh signifikan kualitas aplikasi dan promosi terhadap trust secara parsial maupun simultan, 2) secara parsial promosi berpengaruh terhadap keputusan menjadi nasabah sedangkan kualitas aplikasi tidak berpengaruh, secara simultan memiliki pengaruh, 3) terdapat pengaruh signifikan trust terhadap keputusan menjadi nasabah, 4) secara parsial kualitas aplikasi berpengaruh terhadap keputusan menjadi nasabah melalui trust sedangkan promosi tidak berpengaruh, secara simultan memiliki pengaruh.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Intan Christiara, Theresia Pradiani, Mohammad Maskan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.