Sistem Pendukung Keputusan Dengan Metode Profile Matching dalam Menentukan Kelayakan Lokasi Pemasaran Produk Layanan Internet
DOI:
https://doi.org/10.59141/comserva.v4i11.2885Keywords:
Sistem Pendukung Keputusan, Profile Matching, Lokasi Pemasaran, Layanan InternetAbstract
PT Adidaya Infocom Lestari menghadapi tantangan dalam menentukan lokasi pemasaran yang optimal untuk produk layanan internetnya. Penelitian ini bertujuan mengembangkan sistem pendukung keputusan (SPK) menggunakan metode Profile Matching untuk mengatasi masalah tersebut. Metode ini dipilih karena kemampuannya membandingkan profil ideal lokasi dengan profil lokasi aktual berdasarkan kriteria yang ditentukan perusahaan. Penelitian melibatkan identifikasi faktor-faktor penting dalam pemilihan lokasi, seperti demografi, potensi pasar, dan faktor lingkungan bisnis. Kemudian, SPK dibangun dengan menerapkan metode Profile Matching untuk mengevaluasi dan meranking lokasi-lokasi potensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SPK berhasil mengidentifikasi lokasi-lokasi pemasaran yang paling layak. Implementasi SPK ini juga meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengambilan keputusan perusahaan terkait lokasi pemasaran. Penelitian ini memberikan kontribusi signifikan bagi perusahaan dalam mengoptimalkan strategi pemasaran dan alokasi sumber daya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Kurrota Akyun Siregar, Erwin Setiawan Panjaitan, Sofiana Nurjanah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.