Strategi Diplomasi Merek Global: Pendekatan Brand Lokal Kosmetik Pria dalam Membangun Citra Merek di Malaysia
DOI:
https://doi.org/10.59141/comserva.v4i2.1356Keywords:
Kosmetik, Pria, Diplomasi Ekonomi, Indonesia, MalaysiaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk membahas tentang bagaimana identitas dan reputasi dari Indonesia menjadi strategi untuk membangun citra merek kosmetik di Malaysia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dalam penelitian ini, teori yang digunakan adalah teori konstruktivisme. Berdasarkan penelitian ini, ditemukan sejumlah hasil. Indonesia sendiri memiliki tiga komponen kekuatan yang digunakan menjadi strategi komunikasi dalam membangun diplomasi dengan Malaysia melalui produk kosmetik. Pertama, Indonesia dikenal dekat dengan Korea Selatan karena adanya hubungan kerja sama dan perkembangan tren budaya Korea Selatan karena masyarakat Indonesia. Kemudian, adanya reputasi sebagai sumber dan pemberi bahan alami terbaik untuk kosmetik. Terakhir, Indonesia juga memiliki sistem halal yang terbangun karena aspek agama di mana ini sama dengan Malaysia, maka ini membuat produk Indonesia mudah masuk ke Malaysia. Berdasarkan kesimpulan, Indonesia memiliki kekuatan dalam citra dan reputasi sehingga dalam kerja sama diplomasi ini mempermudah Indonesia untuk memasukkan produk kosmetik yaitu Azerine sehingga merek kosmetik ini dapat terbangun di Malaysia
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.