Teori Islam Tentang Perilaku Konsumen dan Endorsement

Authors

  • Raihanah Luthfi universitas islam indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/comserva.v4i1.1344

Keywords:

Nilai-Nilai Islam, Perilaku Konsumen, Endorsement

Abstract

Perkembangan teknologi informasi yang pesat telah mempengaruhi berbagai aspek kehidupan, termasuk strategi pemasaran. Salah satu strategi yang berkembang adalah pemasaran daring, khususnya melalui endorsement oleh selebriti di media sosial seperti Instagram dan TikTok. Strategi ini dianggap efektif karena memanfaatkan popularitas tokoh terkenal untuk meningkatkan daya tarik produk di kalangan konsumen. Namun, dalam konteks negara-negara muslim, perilaku konsumen dipengaruhi oleh nilai-nilai agama Islam yang mengatur kegiatan ekonomi melalui fikih muamalah. Konsumen muslim cenderung memperhatikan komitmen agama, yang mempengaruhi sikap dan keputusan pembelian mereka, terutama terkait dengan kehalalan produk dan proses pemasaran yang etis. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi faktor-faktor yang mempengaruhi rasionalitas perilaku konsumen muslim terhadap iklan daring yang dilakukan oleh selebriti. Dengan memahami perbedaan perilaku ini, perusahaan dapat menyusun strategi pemasaran yang lebih efektif dan sesuai dengan nilai-nilai Islam, menghindari unsur riba, gharar, maysir, dan ihtikar dalam setiap tahap promosi dan transaksi.

Downloads

Published

2024-05-29