Evaluasi Strategi Tata Letak Retail Toko Arfan Jaya Dua Menggunakan Metode ARC dan TCR
DOI:
https://doi.org/10.59141/comserva.v4i1.1343Keywords:
ARC, Arfan Jaya, Tata Letak, TCRAbstract
Tata letak atau layout merupakan sebuah keputusan penting yang menunjukkan efisiensi operasi jangka panjang suatu perusahaan. Toko Arfan Jaya 2 memiliki permasalahan yang berhubungan dengan layout perusahaan yang kurang optimal bagi pengunjung. Rancangan tata letak yang tidak tepat dapat membuat konsumen merasa tidak nyaman dan berpengaruh terhadap kepuasan dalam berbelanja. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis serta mengevaluasi tata letak pada Toko Arfan Jaya 2 untuk meningkatkan kenyamanan serta memudahkan alur mobilitas barang dan pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode Activity Relationship Chart (ARC) untuk menganalisis keterkaitan antar fasilitas perusahaan dan Total Closeness Rating (TCR) untuk mengukur tingkat kedekatan antar individu dalam suatu jaringan sosial. Melalui observasi dan wawancara yang dilaksanakan di Toko Arfan Jaya 2, menghasilkan perubahan pada tata letak fasilitas beras dan telur terhadap rak sembako. Nilai tertinggi yang didapatkan berdasarkan hasil perhitungan Total Closeness Rating (TCR) didapat pada fasilitas rak display dengan nilai TCR sebesar 111 serta fasilitas gudang dengan nilai sebesar 108. Nilai tertinggi yang didapatkan dalam perhitungan TCR menunjukkan derajat kedekatan suatu fasilitas yang paling tinggi dalam perancangan layout
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.