Evaluasi Strategi Tata Letak Retail Toko Arfan Jaya Dua Menggunakan Metode ARC dan TCR

Authors

  • Muhammad Hadi Sekolah Vokasi Institut Pertanian Bogor
  • Bagus Alland Kelana Sekolah Vokasi Institut Pertanian Bogor
  • Supangkat Wiramukthi Sekolah Vokasi Institut Pertanian Bogor
  • Azhar Agustria Wijaksono Sekolah Vokasi Institut Pertanian Bogor
  • Khoirul Aziz Husyairi Sekolah Vokasi Institut Pertanian Bogor
  • Tina Nur Ainun Sekolah Vokasi Institut Pertanian Bogor

DOI:

https://doi.org/10.59141/comserva.v4i1.1343

Keywords:

ARC, Arfan Jaya, Tata Letak, TCR

Abstract

Tata letak atau layout merupakan sebuah keputusan penting yang menunjukkan efisiensi operasi jangka panjang suatu perusahaan. Toko Arfan Jaya 2 memiliki permasalahan yang berhubungan dengan layout perusahaan yang kurang optimal bagi pengunjung. Rancangan tata letak yang tidak tepat dapat membuat konsumen merasa tidak nyaman dan berpengaruh terhadap kepuasan dalam berbelanja. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis serta mengevaluasi tata letak pada Toko Arfan Jaya 2 untuk meningkatkan kenyamanan serta memudahkan alur mobilitas barang dan pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode Activity Relationship Chart (ARC) untuk menganalisis keterkaitan antar fasilitas perusahaan dan Total Closeness Rating (TCR) untuk mengukur tingkat kedekatan antar individu dalam suatu jaringan sosial. Melalui observasi dan wawancara yang dilaksanakan di Toko Arfan Jaya 2, menghasilkan perubahan pada tata letak fasilitas beras dan telur terhadap rak sembako. Nilai tertinggi yang didapatkan berdasarkan hasil perhitungan Total Closeness Rating (TCR) didapat pada fasilitas rak display dengan nilai TCR sebesar 111 serta fasilitas gudang dengan nilai sebesar 108. Nilai tertinggi yang didapatkan dalam perhitungan TCR menunjukkan derajat kedekatan suatu fasilitas yang paling tinggi dalam perancangan layout

Downloads

Published

2024-05-29