Analisis Pemasaran Ternak Ayam Broiler Di Kecamatan Ende Selatan Kabupaten Ende

Authors

  • Iin Zulfatia Imansari Fakultas Peternakan, Kelautan dan Perikanan, Universitas Nusa Cendana
  • Matheos F. Lalus Fakultas Peternakan, Kelautan dan Perikanan, Universitas Nusa Cendana
  • Maria R. Deno Ratu Fakultas Peternakan, Kelautan dan Perikanan, Universitas Nusa Cendana
  • Ulrikus R. Lole Fakultas Peternakan, Kelautan dan Perikanan, Universitas Nusa Cendana

DOI:

https://doi.org/10.59141/comserva.v4i1.1333

Keywords:

efisiensi, farmer’s share, dan margin pemasaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola saluran pemasaran, margin pemasaran, farmer’s share dan efisiensi pemasaran usaha ternak ayam broiler di Kecamatan Ende Selatan Kabupaten Ende. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Model analisis data menggunakan pendekatan analisis deskriptif yaitu untuk mengkaji pola saluran pemasaran ayam broiler dan analisis kuantitatif untuk mengetahui jumlah margin, farmer’s share, dan efisiensi pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 3 saluran pemasaran ayam broiler di Kecamatan Ende Selatan yaitu: 1) peternak-konsumen akhir, 2) peternak-pedagang besar-konsumen akhir, 3) peternak-pedagang pengecer-konsumen akhir. Margin pemasaran pada salura pemasaran I sebesar Rp5.000 dan pada saluran pemasaran II sebesar Rp5.000. Farmer’s share pada tingkat I sebesar 100%, pada tingkat II sebesar 92% dan pada tingkat III sebesar 93%. Efisiensi pemasaran pada saluran pemasaran I sebesar 0%, pada saluran pemasaran II sebesar 12,3%, dan pada saluran pemasaran III sebesar 7,8%.efisiensi

Downloads

Published

2024-05-28