Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Iklim Organisasi Sekolah Terhadap Disiplin Kerja Guru Sekolah Islam Terpadu di Pondok Aren - Tangerang Selatan

Authors

  • EE. Junaedi Sastradiharja Institut PTIQ Jakarta
  • Saifuddin Zuhri Universitas PTIQ Jakarta
  • Slamet Maudin Universitas PTIQ Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.59141/comserva.v4i1.1324

Keywords:

Kepemimpinan Transformasional, Iklim Organisasi Sekolah, dan Disiplin Kerja Guru

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode survei dengan alat pengumpul data menggunakan angket. Sedangkan, analisis data menggunakan analisis deskriptif untuk melihat sebaran sampel, uji prasyarat analisis statistik, dan uji t (parsial) dan uji F (simultan) dalam analisis regresi linier berganda untuk membuktikan hipotesis yang diajukan. Sampel pada penelitian ini adalah guru SIT di Pondok Aren - Tangerang Selatan, dengan jumlah sampel 93 orang. Terdapat pengaruh positif dan signifikan kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap disiplin kerja guru dengan besarnya pengaruh 26,6% sisanya yaitu 73,4% ditentukan oleh faktor lain dan arah pengaruhnya  menunjukkan persamaan regresi linear sederhana ? = 47,486 + 0,603 X1, yang  berarti bahwa setiap peningkatan satu unit skor kepemimpinan kepala sekolah, akan memberikan pengaruh terhadap peningkatan skor disiplin kerja guru sebesar 48,089

Downloads

Published

2024-05-29