Manajemen Mutu Pembelajaran Al-Qur’an Metode Baligha pada Program Tahsinul Qur’an di LTQ IQRO’ Bekasi

Authors

  • Saiqotul Ummah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Riau

DOI:

https://doi.org/10.59141/comserva.v4i1.1291

Keywords:

Manajemen, Mutu Pembelajaran Al-Qur’an, Metode Baligha

Abstract

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model Penerapan Manajemen Mutu Pembelajaran Al-Qur’an Metode Baligha melalui beberapa tahapan, yaitu diawali dengan adanya perencanaan kegiatan mutu pembelajaran Al-Qur’an melalui dukungan pemangku kebijakan lembaga dalam hal ini adalah Yayasan IQRO’ Bekasi. LTQ IQRO’ Bekasi juga memfokuskan Visi dan Misi sekolah dalam pembentukan kemampuan belajar siswa Al-Qur’an metode Baligha melalui target capaian menuju tartil yang optimal dan pada Qualty Assurance LTQ IQRO’ menerapkan beberapa level dalam pembelajaran Al-Qur’an: Pra Tahsin, Tahsin, Pra Tahfiz 1&2 dan Level Tahfiz. Pelaksanan program level dalam pengajaran metode Baligha merupakan program standarisasi mutu pembelajaran Al-Qur’an yang mencakup input, proses dan output pendidikan Al-Qur’an. Keseluruhan dari standarisasi tersebut terangkum dalam bebepara tahapan level yang meliputi; tahsin, ujian level, tashih, menulis dan menghafal Al-Qur’an, munaqasah dan khataman. Program-program ini dijadikan dasar utama dalam membangun generasi Qur’ani khususnya di dalam pembelajaran Al-Qur’an melalui metode Baligha di LTQ IQRO’ Bekasi. Agar pelaksanaan program mutu pembelajaran Al-Qur’an di LTQ IQRO’ Bekasi berjalan sesuai dengan visi, misi, aturan dan program kerja maka dibutuhkan pengawasan. Pengawasan program mutu pembelajaran Al-Qur’an di LTQ IQRO’ Bekasi dilaksanakan dengan adanya pengawasan program mutu pembelajaran Al-Qur’an. Di LTQ IQRO’ Bekasi terdapat komite pengawas dari Yayasan IQRO’ Bekasi yaitu ketua dewan pengawas, ketua LDK (Lembaga Dakwah dan Keumatan), ketua bidang pengajaran serta wakil ketua bidang pengajaran. Adapun dalam pelaksanaan program pembelajaran Al-Qur’an penanggung jawabnya yaitu: ketua bidang pengajaran, wakil ketua bidang pengajaran, koordinator os dan anak, koordinator Ikhwan, koordinator akhwat, PJ LTQ anak, PJ LTQ dewasa, PJ outsorching, PJ level dan PJ guru LTQ IQRO’ Bekasi. Pembentukan komite pengawas dan pelaksana program pembelajaran Al-Qur’an metode Baligha untuk tercapainya kerjasama tim yang baik dengan cara melibatkan semua orang dalam organisasi sekolah untuk mencapai tujuan yang diharapakan dari pembelajaran Al-Qur’an metode Baligha yaitu siswa dapat membaca Al-Qur’an dengan optimal tartil dan hafal Al-Qur’an minimal 1 juz dan 3 juz bagi kelas khusus guru.Selain itu, terdapat juga beberapa indikator manajemen mutu pembelajaran Al-Qur’an Metode Baligha di LTQ IQRO’ Bekasi, yaitu:  Pertama fokus pada kostumer dalam pembentukan kemampuan bacaan dan hafalan Al-Qur’an peserta didik dengan mengadakan Pertemuan dengan murid dan OrangTua/Wali murid di awal Tahun Pelajaran Setiap awal tahun pelajaran, adanya progress report mengaji pelajar, buku penghubung, komunikasi yang harmonis, program home visiting. Kedua keterlibatan total, dalam program mutu pembelajaran Al-Qur’an di LTQ dalam beberapa bentuk kegiatan diantaranya: standarisasi kompetensi tilawah dan hafalan guru, pembinaan berkala peningkatan kualitas bacaan, pemberian teladan serta evaluasi. Ketiga Pengukuran, instrumen pengukuran mutu lulusan pembelajaran Al-Qur’an di LTQ IQRO’ Bekasi disusun mengacu pada standar mutu lulusan yang di tetapkan sekolah yaitu dapat membaca Al-Qur’an dengan baik dan tartil yang optimal dan mampu menghafal Al-Qur’an, pengukuran juga dilakukan pada perencanaan dan proses manajemen mutu melalui: Jaminan Mutu (Quality), pengawasan pembelajaran Al-Qur’an oleh ketua pengawas dari Yayasan dan dari ketua bidang pengajaran dari LTQ, serta kinerja guru. Keempat komitmen pada mutu berupa metode yang bermutu, dan guru yang bermutu dengan kriteria memiliki sertifikat/syahadah Guru Al-Qur’an metode Baligha. Kelima Perbaikan Berkelanjutan dilakukan dengan dua upaya, yaitu: memfokuskan visi misi LTQ IQRO’ Bekasi, evaluasi kemampuan bacaan peserta didik dan perbaikan kemampuan bacaan dan hafalan guru

Downloads

Published

2024-05-29