Pengelolaan Pembelajaran Dalam Pemenuhan Standardisasi Evaluasi Eksternal Di Riung Huffazh Indonesia Bekasi, Jawa Barat

Authors

  • EE. Junaedi Sastradiharja Institut PTIQ Jakarta
  • Farizal MS Institut PTIQ Jakarta
  • Firdaus Farhana Sidqie Institut PTIQ Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.59141/comserva.v3i11.1264

Keywords:

pengelolaan pembelajaran, pembelajaran al-qur`an, evaluasi eksternal

Abstract

Kesadaran masyarakat dalam mempelajari Al-Qur`an begitu meningkat pesat, kesadaran tersebut belum dibarengi dengan sumber daya manusia yang mempuni dalam bidang pengajaran Al-Qur`an dan tartil dalam membaca Al-Qur`an, Riung Huffazh Indonesia hadir dalam memenuhi kebutuhan akan sumber daya manusia yang berkompeten dan mumpuni dalam bidang pengajaran Al-Qur`an dan tartil dalam membaca Al-Qur`an. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran Al-Qur`an, mendeskripsikan standar Evaluasi eksternal dan hasil belajar pembelajaran Al-Qur`an di Riung Huffazh Indonesia. Metode penelitian menggunakan kualitatif sedangkan sumber penelitian terdiri dari observasi, wawancara dan studi dokumen. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menemukan bahwa evaluator eksternal memiliki empat standar evaluasi yaitu standar guru, sarana prasarana, proses belajar dan hasil belajar, pengelolaan pembelajaran Al-Qur`an terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan Evaluasi sedangkan hasil belajar pembelajaran Al-Qur`an di Riung Huffazh Indonesia masih menekankan pada aspek kognitif saja dan belum mencangkup aspek lainnya seperti afektif dan psikomotorik. Kesimpulan penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar tahsin di Riung Huffazh sudah cukup baik, namun konsistensi peserta didik dalam mengikuti pembelajaran dan praktik di rumah masih menjadi faktor penentu kesuksesan hasil belajar.

Downloads

Published

2024-03-25