Kombinasi Teori Technology Acceptance Model (TAM) dan Theory of Planned Behavior (TPB) dalam Penggunaan Fitur Tawar Harga pada Aplikasi Transportasi Online inDrive
DOI:
https://doi.org/10.59141/comserva.v3i5.988Keywords:
Technology Acceptance Model (TAM), Theory of Planned Behavior (TPB), Price Bargaining Feature, Online TransportationAbstract
Teknologi telah mempercepat kemajuan dan mempengaruhi berbagai aspek kehidupan masyarakat, termasuk sektor transportasi. Di Indonesia, perkembangan teknologi telah menciptakan peluang baru dalam industri transportasi, terutama dengan hadirnya layanan transportasi online. Penelitian ini menggabungkan Technology Acceptance Model (TAM) dan Theory of Planned Behavior (TPB) untuk menyelidiki faktor-faktor yang mempengaruhi minat pengguna dalam menggunakan fitur price bargaining di aplikasi inDrive, aplikasi transportasi online di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan wawasan mendalam tentang faktor-faktor yang mempengaruhi minat pengguna dalam menggunakan fitur tawar-menawar harga di inDrive dan implikasinya terhadap pengembangan teknologi transportasi online yang lebih mengakomodasi kebutuhan dan preferensi pengguna. Peneitian ini menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif. Data dikumpulkan dari 116 responden yang akrab dengan aplikasi inDrive Teknik analisis data melalui kuesioner online menggunakan teknik convenience sampling dan wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perceived usefulness, perceived ease of use, attitude towards usage subjective norm, perceived behavioral control, dan intention to use the price bargaining feature on inDrive tergolong tinggi.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.