Inovasi Pengembangan Materi Seni Untuk Anak Usia Dini Di Perguruan Tinggi

Authors

  • Joko pamungkas Universitas Negeri Yogyakarta
  • Marsini Universitas Doktor Nugroho
  • Sujarwo Universitas Negeri Yogyakarta
  • Bayu Purwo Adhi Universitas Doktor Nugroho
  • Septika Cahya Rahmawati Universitas Negeri Yogyakarta
  • Ad Dieni Maulana Rizka Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.59141/comserva.v3i5.974

Keywords:

Inovasi, Pengembangan, Seni, Usia Dini, Perguruan Tinggi

Abstract

Seni menciptakan keindahan, tidak dapat dipungkiri lagi bahwa seni selalu hadir dalam keindahan. Seni adalah bagian tidak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Pendidikan seni pada hakekatnya merupakan proses pembentukan manusia melalui seni. Kearifan lokal dikenal sebagai pengetahuan setempat (indigenous atau local knowledge), juga sebagai kecerdasan setempat (local genious) yang menjadi dasar identitas kebudayaannya (culture identity). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji inovasi pengembangan materi seni untuk mahasiswa pendidikan anak usia dini. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi dan dokumentasi. Penulis melakukan pengamatan langsung di Universitas Doktor Nugroho Magetan yang berkaitan inovasi pengembangan materi seni untuk mahasiswa pendidikan anak usia dini. Analisis data yang digunakan peneliti dalam artikel ini adalah menggunakan analisis data model Miles Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan dalam menginovasi pengembangan materi seni untuk mahasiswa pendidikan anak usia dini di Universitas Doktor Nugroho Magetan dilaksanakan penyampaian materi mengenai seni yang dapat dikembangkan melalui pemanfaat hasil kekayaan yang ada di wilayah Magetan.

Downloads

Published

2023-09-25