Pengaruh Harga Dan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pengguna Shopee Di Kabupaten Bogor

Authors

  • Mareta Putri Setyaningru Universitas Jayabaya Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.59141/comserva.v3i5.966

Keywords:

Harga, Merk, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah harga dan merk berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada pengguna Shopee di Kabupaten Bogor. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif. Sample sebanyak 100 orang, dilakukan khususnya pada pengguna Shopee di Kabupaten Bogor. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan rumus Slovin. Jenis data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer dan data sekunder, mengumpulkan data dengan cara observasi dan membagikan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis koefisien korelasi, analisis koefisien determinasi, uji hipotesis. Metode sampling yang digunakan dalam penelitian ini yaitu probability sampling dengan teknik simple random sampling. Hasil penelitian, harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada pengguna Shopee, artinya jika harga produk bervariasi maka akan mempengaruhi tinggi rendahnya terhadap keputusan pembelian pada pengguna Shopee. Secara parsial terdapat pengaruh harga terhadap keputusan pembelian. Begitu juga merek dalam penelitian ini menunjukkan hasil yang signifikan terhadap keputusan pembelian, artinya merek berpengaruh terhadap keputusan pembelian pengguna Shopee dan secara parsial terdapat pengaruh merek terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan hasil analisa koefisien determinasi diperoleh hasil sebesar 41,6% yang berarti persentase pengaruh harga dan merek terhadap keputusan pembelian sebesar 41,6% sisanya sebesar 58,4% dipengaruhi oleh faktor lain.

Downloads

Published

2023-09-25