Analisis Pengaruh Digital Marketing Channel, Digital Content Marketing Dan, E-Wom Terhadap Purchase Decision Pada Travel Agent Explorer.Id (Pt. Weha Jalan Jalan)

Authors

  • Candra Karismawan Institut Pariwisata Trisakti

DOI:

https://doi.org/10.59141/comserva.v3i5.962

Keywords:

Digital Marketing Channel, Digital Content Marketing, E-WOM, Purchase Decision, Travel Agent

Abstract

Upaya mengetahui faktor-faktor apa saja yang memengaruhi pelanggan memutuskan membeli merupakan hal yang sangat penting. Berbagai upaya dilakukan perusahaan untuk mendapatkan penjual yang maksimal atas produk yang dimilikinya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) Digital Marketing Channel dan pengaruhnya terhadap Purchase Decision (2) Digital Content Marketing dan pengaruhnya terhadap Purchase Decision (3) Electronic of Word dan pengaruhnya terhadap Purchase Decision serta (4) Digital Marketing Channel, Digital Content Marketing, Electronic of Word dan pengaruhnya terhadap Purchase Decision pada sebuah entitas bisnis bernama Explorer.id. Peneliti menggunakan metode kuantitaf dengan kriteria pelanggan Explorer.id yang pernah membeli dan atau mengikuti perjalanan dari paket tur yang dibeli dengan jumlah responden sebanyak 100 orang yang berdomisili di Jabodetabek dan Luar Jabodetabek. Data diolah dengan menggunakan metode Teknik Structural Equation Modeling (SEM) dengan Partial Least Square (PLS). Hasil Penelitian menunjukan terdapat pengaruh positif dan signifikan Digital Marketing Channel terhadap Purchase Decision, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Digital Content Marketing terhadap Purchase Decision, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Electronic of Word terhadap Purchase Decision dan terdapat pengaruh yang simultan dan signifikan Digital Marketing Channel, Digital Content Marketing, Electronic Word of Mouth terhadap Purchase Decision pada Travel Agent Explorer.id.

Downloads

Published

2023-09-25