Pengembangan Bahan Ajar Teks Cerita Pendek Berbasis Nilai Pendidikan Karakter Pada Siswa
DOI:
https://doi.org/10.59141/comserva.v3i5.961Keywords:
Pengembangan, Bahan Ajar, Handout, Teks Cerita Pendek, Nilai Pendidikan KarakterAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar teks cerita pendek berbasis nilai pendidikan karakter pada siswa. Metode dalam pengembangan ini menggunakan metode R&D yang dikemukakan oleh Borg and Gall dan dimodifikasi menjadi enam tahapan pengembangan, yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi produk dan bentuk produk. Pengembangan bahan ajar teks cerita pendek berbasis nilai pendidikan karakter divalidasi oleh dua validator yakni validasi oleh ahli materi dengan perolehan skor 84,28% termasuk dalam kategori sangat baik, validasi oleh ahli desain dengan perolehan skor 94,16% termasuk dalam kategori sangat baik, penilaian guru bidang studi dengan perolehan skor 95% termasuk dalam kategori sangat baik, sehingga memperoleh nilai rata-rata mencapai 91,14% termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil penilaian keseluruhan dari kelayakan bahan ajar teks cerita pendek berbasis nilai pendidikan karakter pada siswa kelas XI ini memiliki kualitas layak digunakan dan dapat diterima sebagai salah satu bahan ajar dengan kategori sangat layak.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.