Penerapan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Berbasis Tpack Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Muatan Ipa Siswa
DOI:
https://doi.org/10.59141/comserva.v3i5.951Keywords:
hasil belajar, IPA, PBLAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model Problem Based Learning berbasis TPACK dalam upaya meningkatkan hasil belajar muatan IPA siswa kelas V SD Negeri 1 Jungutbatu Tahun Pelajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di SD Negeri 1 Jungutbatu pada muatan IPA kelas V semester I Tahun Pelajaran 2023/2024. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Jungutbatu yang terdiri dari 26 siswa, 16 laki-laki dan 10 perempuan. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes hasil belajar. Data dalam penelitian dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan Model Problem Based Learning berbasis TPACK pada siswa kelas V SD Negeri 1 Jungutbatu dapat meningkatkan hasil belajar muatan IPA siswa. Hal tersebut dilihat dari peningkatan skor rata-rata hasil belajar dan ketuntasan klasikal siswa siklus I ke siklus II cukup signifikan. Pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa sebesar 75,00 dan siklus II sebesar 84,62. Demikian pula, ketuntasan klaksikal pada siklus I sebesar 76,92% dan siklus II sebesar 92,31%.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.