PENGARUH METODE SING A SONG TERHADAP PENGUASAAN VOCABULARY BAHASA INGGRIS

Authors

  • Moh. Iqbal Firdaus Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Ahmad Arif Fadilah Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Unti Unzhilaika Universitas Muhammadiyah Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.59141/comserva.v3i5.937

Keywords:

Metode sing a song, penguasaan vocabulary, kosakata bahasa Inggris

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan penguasaan vocabulary yang menggunakan metode menyanyikan sebuah lagu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-posttest terdapat pretes sebelum diberi perlakuan. Subjek populasi dalam penelitian ini berjumlah 63 siswa, dengan sampel dua kelas yaitu kelas VA dan VC. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan soal tes yang terdiri dari 30 soal PG yang valid dan realibel. Untuk pengujian hipotesis pretest dalam pengujian ini digunakan uji independent sampel (uji-t), dari hasil uji t dari nilai pretest ekperimen dan kontrol diperoleh nilai sig. 2-tailed = 0,734 dan sig. alpha = 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa kedua sampel tersebut mempunyai kemampuan awal yang sama atau data kelompok kelompok eksperimen dan kontrol sama baiknya. Sedangkan untuk pengujian hipotesis posttest eksperimen dan kontrol dari hasil uji t diperoleh sig. 2-tailed = 0,909 dan sig. alpha = 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan antara posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini dapat diartikan bahwa penguasaan vocabulary siswa menggunakan metode sing a song tidak terdapat pengaruh yang signifikan.

Downloads

Published

2023-09-25