Upaya Meningkatkan Minat Belajar Matematika Dengan Menggunakan Media Sederhana Untuk Siswa/I Sd Negeri Kayuringin Jaya Xiii, Kota Bekasi
DOI:
https://doi.org/10.59141/comserva.v3i5.924Keywords:
Peningkatan Minat, Minat Belajar, Media SederhanaAbstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah kurangnya media pembelajaran yang digunakan oleh guru matematika sehingga pembelajaran menjadi Teachered Center dan siswa kurang aktif. Kondisi yang seperti ini mengakibatkan nilai yng diperoleh siswa masih di bawah KKM yang telah ditentukan oleh guru. Tujuan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah untuk mengetahui seberapa besar peningkatan minat belajar siswa Sd Negeri Kayuringin Jaya Xii, kota Bekasi pada mata pelajaran Matematika dengan menggunakan media sederhana. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas II dengan jumlah 28 siswa Sedangkan obyek akan diteliti adalah minat belajar siswa dalam pembelajaran Matematika pada materi operasi hitung bilangan pecahan. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada Penelitian Tindakan Kelas ini adalah observasi, metode wawancara, metode dokumentasi, dan angket. Pendekatan yang digunakan untuk menganalisis data adalah deskripsi kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan dari kegiatan pra tindakan yang menunjukan persentase 34,38 yang berada pada rentang 25 - 44,99 termasuk pada kategori “kurang” kemudian meningkat pada siklus I yang menunjukkan prosentase 60,63 yang berada pada rentang 50 - 74,99 termasuk dalam katagori “baik”. Untuk hasil siklus II juga mengalami peningkatan yang cukup tinggi yaitu menunjukkan prosentase 88,75 yang berada pada rentang 75 - 100 termasuk dalam kategori “sangat baik”. Selain itu peningkatan minat belajar siswa juga dibuktikan dengan hasil wawancara dengan siswa yang menyatakan bahwa dengan menggunakan media sederhana siswa merasa senang dan tidak bosan lagi dengan pembelajaran matematika.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.