Pengaruh Word of Mouth dan Brand Image Terhadap Pengambilan Keputusan Kredit Pada Debitur Kredit Usaha Rakyat BNI Magelang

Authors

  • Setyaningsih Fakultas Ekonomi, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”, Yogyakarta
  • Haddy Suprapto Fakultas Ekonomi, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”, Yogyakarta.

DOI:

https://doi.org/10.59141/comserva.v1i1.92

Keywords:

word of mouth;, brand image;, pengambilan keputusan kredit.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) menguji dan menganalisis pengaruh word of mouth terhadap pengambilan keputusan kredit, 2) menguji dan menganalisis pengaruh brand image terhadap pengambilan keputusan kredit, 3) menguji dan menganalisis pengaruh brand image terhadap word of mouth. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksplanansi. Responden yang dijadikan sampel adalah 328 UMKM yaitu UMKM yang mengambil Kredit Usaha Rakyat (KUR) di Bank BNI Cabang Magelang tahun 2020-2021. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis Structural Equation Modelling dengan program Partial Least Square. Hasil analisis menunjukkan bahwa 1) word of mouth secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengambilan keputusan, 2) brand image secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengambilan keputusan, 3) brand image secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap word of mouth. Dari hasil tersebut maka penelitian ini memberikan beberapa saran terhadap manajemen Bank BNI cabang Magelang secara khusus dan lini bisnis yang lain secara umum bahwa peningkatan pengambilan keputusan kredit dapat diupayakan melalui brand image dan word of mouth. Selain itu, bank BNI harus mampu memanfaatkan WOM sebagai media promosi gratis bagi calon nasabah pengambil kredit karena sangat terbukti bahwa sebagian besar konsumen kredit bank BNI berasal dari refereal yang memanfaatkan gaya komunikasi WOM.

Downloads

Published

2021-12-24