Implementasi Pelayanan Bimbingan Karir Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama Menggunakan Teori Donald E. Super

Authors

  • Shafwan Arya Gunawan IKIP Siliwangi Bandung
  • Dona Fitri Annisa IKIP Siliwangi Bandung

DOI:

https://doi.org/10.59141/comserva.v3i4.911

Keywords:

Bimbingan karir, Siswa SMP, Teori Donald E

Abstract

Sekolah dapat membantu siswa untuk lebih memahami karakteristik mereka, mengeksplorasi berbagai bidang studi dan karir, dan membuat keputusan tentang masa depan mereka dengan memasukkan teori ini ke dalam layanan bimbingan karir. Sekolah dapat memudahkan siswa untuk membuat keputusan karier yang terinformasi, meningkatkan konsep diri mereka, dan memastikan transisi yang lebih lancar dari sekolah menengah pertama ke sekolah menengah atas dan seterusnya dengan memasukkan teori Super ke dalam konseling karir. Teori ini memberi siswa kerangka kerja terstruktur untuk membantu mereka mengeksplorasi, mengembangkan, dan membuat keputusan terkait karir mereka. tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan layanan bimbingan karir berhasil membantu kesiapan karir siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informasi pada penelitian ini didapat dari guru BK/konselor sekolah sedangkan peserta didik menjadi informan lain yang akan diambil datanya. Melalui penerapan Teori Super dalam bimbingan karir di SMP, siswa mendapat pemahaman yang lebih baik tentang dirinya, minat, dan kecenderungan mereka. Mereka juga dapat memperoleh informasi yang relevan tentang pilihan karier dan merencanakan pendidikan mereka dengan baik.

Downloads

Published

2023-08-24