Psikoedukasi Keterlibatan Siswa dalam Matematika: Memahami Konsep Perkalian menjadi Menyenangkan untuk Siswa SD

Authors

  • Azizah Nurul Jamil Universitas Tarumanagara
  • Shabrina Nur Aulia Sasongko Universitas Tarumanagara

DOI:

https://doi.org/10.59141/comserva.v3i4.910

Keywords:

Psikoedukasi, Matematika, Siswa SD

Abstract

Salah satu mata pelajaran yang diajarkan disetiap jenjang pendidikan adalah matematika. Matematika adalah suatu bidang ilmu yang melatih penalaran supaya berfikir logis dan sistematis dalam menyelesaikan masalah dan membuat keputusan. Sampai saat ini masih banyak siswa yang menganggap matematika sebagai mata pelajaran yang dianggap menakutkan dan membosankan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk membantu siswa-siswi kelas 2 dan 3 agar lebih tertarik dengan matematika dengan harapan cara yang saya berikan dapat membantu mempermudah siswa-siswi menghafal perkalian. Pengabdian kepada masyarakat ini diselenggarakan di SDN Kemanggisan 06 Pagi, Jakarta Barat. PKM ini didasari oleh pengalaman saya melaksanakan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) asistensi mengajar di SDN Kemanggisan 06 Pagi, yang dimana para siswa-siswi kelas 2 dan 3 masih merasa kesulitan dalam proses penghafalan perkalian. Strategi mempermudah menghafal perkalian melalui menghitung dengan jari yang sudah saya ketahui sejak lama, paparan materi, dan games yang mendukung materi tersebut. Kegiatan PKM dilaksanakan pada yang melibatkan peserta didik dan guru SDN Kemanggisan 06 Pagi. Berdasarkan hasil uji statistik menggunakan alat ukur AEQ dan Berdasarkan hasil analisis deskriptif dapat disimpulkan bahwa sebagian besar siswa-siswi menunjukan tingkat positif dalam achievement emotions saat dilakukan teknik pembelajaran matematika dengan suatu metode yang mempermudah memahami perkalian. Metode ini ternyata mampu membuat siswa-siswi menjadi lebih paham dan lebih cepat menghafal perkalian.

Downloads

Published

2023-08-26