Impact Of Duration Of Electronic Media Use On Achievement Index Values Fluctuations During Covid-19 Pandemic

Authors

  • Tri Wahyuliati Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Firda Nur Azizah Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.59141/comserva.v3i4.901

Keywords:

Bahu, Kebosanan, Mahasiswa, Posisi Duduk

Abstract

Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang cukup signifikan bagi masyarakat Indonesia, salah satunya adalah mahasiswa. Proses pembelajaran berubah dari offline menjadi online dengan menggunakan media elektronik, seperti smartphone, tablet komputer, laptop, atau komputer. Mahasiswa setiap hari harus mengikuti pembelajaran dengan durasi yang cukup lama serta dalam posisi duduk yang relatif sama. Hal tersebut memberikan beberapa dampak yang dirasakan oleh mahasiswa, salah satunya adalah kejenuhan yang bahkan dapat mempengaruhi penyerapan materi yang diberikan dan akan berimbas pada nilai Indeks Prestasi (IP) yang akan didapatkan. IP merupakan nilai yang didapatkan mahasiswa setiap semester dan mencerminkan hasil belajar mahasiswa tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan hubungan antara durasi penggunaan media elektronik dengan fluktuasi nilai indeks prestasi pada mahasiswa selama masa pandemi. Kami menganalisis 116 subjek yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi dengan pendekatan cross sectional. Data dianalisis menggunakan uji normalitas Kolmogorov Smirnov, uji univariat, dan uji korelasi bivariat Koefisien Kontengensi (?<0,05). Uji korelasi bivariat antara variabel dengan fluktuasi nilai IP didapatkan jenis media elektronik r=0,231 ?=0,038, durasi penggunaan media elektronik r=130 ?=0,367. posisi duduk selama penggunaan media elektronik r=0,055 ?=0,550, nyeri leher dan bahu selama penggunaan media elektronik r=0,249 ? =0,006. Tidak terdapat hubungan antara durasi penggunaan media elektronik dengan fluktuasi nilai IP pada mahasiswa selama masa pandemi, tetapi fluktuasi nilai IP berhubungan dengan mahasiswa yang mengalami nyeri leher dan bahu serta jenis media elektronik yang digunakan dengan kekuatan korelasi yang lemah dan bermakna

 

Author Biography

Firda Nur Azizah, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang cukup signifikan bagi masyarakat Indonesia, salah satunya adalah mahasiswa. Proses pembelajaran berubah dari offline menjadi online dengan menggunakan media elektronik, seperti smartphone, tablet komputer, laptop, atau komputer. Mahasiswa setiap hari harus mengikuti pembelajaran dengan durasi yang cukup lama serta dalam posisi duduk yang relatif sama. Hal tersebut memberikan beberapa dampak yang dirasakan oleh mahasiswa, salah satunya adalah kejenuhan yang bahkan dapat mempengaruhi penyerapan materi yang diberikan dan akan berimbas pada nilai Indeks Prestasi (IP) yang akan didapatkan. IP merupakan nilai yang didapatkan mahasiswa setiap semester dan mencerminkan hasil belajar mahasiswa tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan hubungan antara durasi penggunaan media elektronik dengan fluktuasi nilai indeks prestasi pada mahasiswa selama masa pandemi. Kami menganalisis 116 subjek yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi dengan pendekatan cross sectional. Data dianalisis menggunakan uji normalitas Kolmogorov Smirnov, uji univariat, dan uji korelasi bivariat Koefisien Kontengensi (⍴<0,05). Uji korelasi bivariat antara variabel dengan fluktuasi nilai IP didapatkan jenis media elektronik r=0,231 ⍴=0,038, durasi penggunaan media elektronik r=130 ⍴=0,367. posisi duduk selama penggunaan media elektronik r=0,055 ⍴=0,550, nyeri leher dan bahu selama penggunaan media elektronik r=0,249 ⍴ =0,006. Tidak terdapat hubungan antara durasi penggunaan media elektronik dengan fluktuasi nilai IP pada mahasiswa selama masa pandemi, tetapi fluktuasi nilai IP berhubungan dengan mahasiswa yang mengalami nyeri leher dan bahu serta jenis media elektronik yang digunakan dengan kekuatan korelasi yang lemah dan bermakna.

Downloads

Published

2023-08-18