Analisis Gaya Kepemimpinan Di Era Transformasi Teknologi Pada Rumah Sakit, Sebuah Literatur Review Program Magister Kesehatan Masyarakat

Authors

  • Mohammad Ghofar Universitas Kadiri Tahun

DOI:

https://doi.org/10.59141/comserva.v3i4.896

Keywords:

Gaya Kepemimpinan, Transformasi Teknologi, Rumah Sakit, Literatur

Abstract

Gaya kepemimpinan merupakan kemampuan pemimpin untuk mempengaruhi kelompok untuk mencapai sasaran. Apabila mampu mengorganisasikan dengan baik, maka pimpinan suatu organisasi sangat mungkin akan memperoleh apa yang menjadi tujuan. Teknologi memberikan berbagai macam dampak untuk mempercepat kemajuan dalam banyak aspek baik dibidang bisnis maupun kehidupan bermasyarakat. Ini merupakan esensi dari inovasi digital, yang memberikan efek samping pada bisnis dan membuat beberapa dampak yang berarti dalam kehidupan sosial masyarakat. Teknologi digital membawa perubahan yang sangat pesat di dunia saat ini. Kemampuan pemimpin mengenai hal teknologi digital sangat dibutuhkan pada era transformasi saat ini.

Dalam Penelitian ini, peneliti memakai metode Systematic Literature Review (SLR) yang bertujuan untuk menelusuri semua penelitian. Kata kunci yang digunakan untuk pencarian penelitian yang sejenis adalah “Gaya kepemimpinan yang cocok di era teknologi digital pada rumah sakit” dengan membatasi artikel dari tahun 2012 sampai 2022. hasil Analisa jurnaL tersebut diperoleh data terkait kata kunci yaitu sebanyak 16 artikel dari database Crossref dan 8 artikel dari Google scholar.

Dapat disimpulkan bahwa peneliti mengungkapkan gaya kepemimpinan transformasional paling sering digunakan oleh seorang pemimpin dan memberikan dampak positif terhadap perubahan sumber daya manusia dalam suatu organisasi bidang kesehatan. Namun tidak secara khusus berkaitan dengan perubahan teknologi digital.

 

 

 

Downloads

Published

2023-08-09