Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen di Rumah Makan Srikaya Cibinong
DOI:
https://doi.org/10.59141/comserva.v3i03.867Keywords:
Pariwisata, Kepuasan Konsumen, Kualitas PelayananAbstract
Manusia selalu membutuhkan makanan untuk memenuhi kebutuhannya. Oleh karena itu sektor makanan dan minuman merupakan salah satu sub sektor yang memiliki pendapatan tertinggi di sektor pariwisata, termasuk restoran atau rumah makan. Agar restoran tetap bersaing dengan kompetitornya, perusahaan harus memenuhi faktor kepuasan konsumen, salah satunya adalah kualitas pelayanan yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh responsivitas, keandalan, empati, jaminan, dan nyata terhadap kepuasan pelanggan di Rumah Makan Srikaya Cibinong. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif menggunakan data dari 100 responden dari konsumen di Rumah Makan Srikaya Cibinong dan menggunakan teknik simple random sampling. Penelitian ini menggunakan analisis data regresi linier berganda, dan pengujian hipotesis, yang kemudian diolah menggunakan aplikasi SPSS 27 untuk windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas layanan (responsiveness, reliability, empathy, assurance, dan tangible) berpengaruh simultan terhadap kepuasan pelanggan. Kemudian responsivitas (X1), reliabilitas (X2), dan empati (X3) berpengaruh parsial terhadap kepuasan pelanggan, sedangkan assurance (X4) dan tangible (X5) tidak berpengaruh parsial terhadap kepuasan pelanggan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.