Faktor yang Mempengaruhi Niat Beli Produk Multi-Level Marketing (MLM) Halal pada Muslim di Indonesia

Authors

  • Daffa Hakim Krisyanto Universitas Islam Indonesia Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/comserva.v3i03.864

Keywords:

Multi-Level Marketing, Produk Halal, Pengetahuan, Religiusitas, Sikap, Niat Beli

Abstract

Skema penjualan multi-level-marketing (MLM) banyak diperdebatkan terutama dari perspektif Islam. Namun, saat ini mulai banyak ditemui produk MLM syariah yang masih terbatas diteliti dalam literatur terkait faktor yang mempengaruhi minat beli konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi niat beli produk multi-level marketing (MLM) halal. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria mitra bisnis (anggota) dari perusahaan Armina Daily (PT. Arminareka Pharmasia Pratama) dengan sampel 208 responden. Data diolah menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) dengan aplikasi LISREL versi 8.80. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa religiusitas, pengetahuan, sikap, norma subjektif, dan kontrol perilaku yang dirasakan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli produk MLM halal.

 

Downloads

Published

2023-07-25