Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Maulana Taufiq IKIP PGRI Pontianak, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/comserva.v3i03.849

Keywords:

Pembelajaran Kooperatif, Model Numbered Heads Together, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa pada materi perangkat keras komputer di kelas VII SMP Negeri 3 Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya. Metode penelitian ini mengadaptasi metode penelitian eksperimen. Validitasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas isi yang diperoleh setelah melakukan analisis, penelusuran atau pengujian terhadap isi yang terdapat pada tes hasil belajar yang sudah dibuat oleh peneliti. Hasil dari penelitian ini mendapatkan pengaruh positif yaitu setelah siswa mengadaptasi model pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together (NHT) pada materi perangkat keras komputer menghasilkan rata-rata sebesar 80,64 yang tergolong baik yang sebelumnya belum menggunakan model pembelajaran sebesar 42,79 yang tergolong kurang.

 

Downloads

Published

2023-07-25