Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.59141/comserva.v3i03.849Keywords:
Pembelajaran Kooperatif, Model Numbered Heads Together, Hasil Belajar SiswaAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa pada materi perangkat keras komputer di kelas VII SMP Negeri 3 Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya. Metode penelitian ini mengadaptasi metode penelitian eksperimen. Validitasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas isi yang diperoleh setelah melakukan analisis, penelusuran atau pengujian terhadap isi yang terdapat pada tes hasil belajar yang sudah dibuat oleh peneliti. Hasil dari penelitian ini mendapatkan pengaruh positif yaitu setelah siswa mengadaptasi model pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together (NHT) pada materi perangkat keras komputer menghasilkan rata-rata sebesar 80,64 yang tergolong baik yang sebelumnya belum menggunakan model pembelajaran sebesar 42,79 yang tergolong kurang.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.