Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Articulate Storyline Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Kecamatan Guguak
DOI:
https://doi.org/10.59141/comserva.v1i9.84Keywords:
Articulate Storyline;, Desain Media Pembelajaran;, Pendidikan Agama IslamAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang diajarkan secara teori pada saat pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI), pembelajaran masih mengandalkan buku ajar yang monoton dan sistem ceramah selama proses pembelajaran, media yang biasa digunakan adalah powerpoint. Saat guru menjelaskan pembelajaran online, kendala yang dihadapi guru adalah siswa tidak fokus memperhatikan saat guru menjelaskan pembelajaran, ada yang makan, minum dan tidur saat pembelajaran berlangsung. Jenis penelitian menggunakan R&D (Research And Development) versi 4D, dengan tahapan Define, Design, Develop, dan Disseminate. Pengembangan media memakai model pengembangan multimedia Luther Sutopo dengan 6 tahap yaitu concept, design, material collection, assembly, testing dan distribution. Setelah media dibuat maka dilakukan uji produk dengan uji validitas, uji kepraktisan dan uji efektivitas. Penelitian menghasilkan media pembelajaran PAI menggunakan alur cerita artikulasi berbasis web yang valid, praktis dan efektif. Dengan hasil uji validitas sebesar 0,87, kepraktisan sebesar 0,90, dan efektivitas sebesar 0,92. Media pembelajaran PAI cocok dipakai guru serta siswa seperti saat belajar mengajar berlangsung dan siswa dapat mengakses media tersebut di rumah.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.