Pengaruh Pembelajaran Kimia Berbasis Praktikum dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Koloid

Authors

  • Raudhatul Jannah Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia
  • Fitri Refelita Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/comserva.v3i02.821

Keywords:

Keterampilan Proses Sains, Praktikum, Koloid

Abstract

Keterampilan proses sains adalah semua keterampilan yang dibutuhkan untuk mengembangkan, memperoleh, serta menerapkan konsep-konsep, prinsip-prinsip, hukum-hukum dan teori-teori sains, baik dari segi keterampilan mental, keterampilan fisik ataupun keterampilan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pembelajaran kimia berbasis praktikum dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa pada materi koloid. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian weak eksperiment dengan desain one group pretest-posttest. Untuk mengukur keterampilan proses sains siswa digunakan instrumen berupa lembar observasi dan soal berbentuk essay untuk pre-test dan post-test. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA N 3 Mandau dan objek penelitian ini adalah keterampilan proses sains siswa pada materi koloid. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 4 dan XI MIPA 5 sebagai kelas replikasi yang berguna sebagai penguat hasil penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan soal essay yang pengolahan data menggunakan uji-t. pada uji-t diperoleh hasil Sig (2-tailed) = 0.000 lebih kecil dari 0.05 yang berarti ada perubahan yang signifikan, maka dapat dikatakan H0 ditolak dan Ha diterima.

Downloads

Published

2023-06-25