Pengaruh Pembelajaran Kimia Berbasis Praktikum dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Koloid
DOI:
https://doi.org/10.59141/comserva.v3i02.821Keywords:
Keterampilan Proses Sains, Praktikum, KoloidAbstract
Keterampilan proses sains adalah semua keterampilan yang dibutuhkan untuk mengembangkan, memperoleh, serta menerapkan konsep-konsep, prinsip-prinsip, hukum-hukum dan teori-teori sains, baik dari segi keterampilan mental, keterampilan fisik ataupun keterampilan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pembelajaran kimia berbasis praktikum dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa pada materi koloid. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian weak eksperiment dengan desain one group pretest-posttest. Untuk mengukur keterampilan proses sains siswa digunakan instrumen berupa lembar observasi dan soal berbentuk essay untuk pre-test dan post-test. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA N 3 Mandau dan objek penelitian ini adalah keterampilan proses sains siswa pada materi koloid. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 4 dan XI MIPA 5 sebagai kelas replikasi yang berguna sebagai penguat hasil penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan soal essay yang pengolahan data menggunakan uji-t. pada uji-t diperoleh hasil Sig (2-tailed) = 0.000 lebih kecil dari 0.05 yang berarti ada perubahan yang signifikan, maka dapat dikatakan H0 ditolak dan Ha diterima.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.