Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Soal Open Ended Matematika pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII

Authors

  • Farhan Sidik Universitas Indraprasta PGRI Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/comserva.v3i02.819

Keywords:

Pemecahan Masalah, Open Ended, SPLDV

Abstract

Penelitian yang dilaksanakan di MTs Sa’adatuddarain di Jl. Mampang Prapatan Raya No. 103 Jakarta Selatan. Memiliki tujuan untuk menganalisis Kemampuan Pemecahan Masalah Soal Open Ended Matematika Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII. Metode penelitian yang digunakan ialah penelitian kualitatif dengan teknik sampling yang digunakan ialah purposive sampling. Adapun teknik pengambilan subjek adalah siswa kelas VIII A MTs Sa’adatuddarain. Dari 20 siswa kelas VIII A yang dianalisis hanya 9 siswa, terdiri dari 3 siswa dengan kemampuan pemecahan masalah tinggi, 3 siswa dengan kemampuan pemecahan masalah sedang dan 3 siswa dengan kemampuan pemecahan masalah rendah. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif sebelum di lapangan dan ketika di lapangan yaitu analisis reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa siswa yang berkategori tinggi sebanyak 5 siswa dengan persentase 25%, siswa yang berkategori sedang sebanyak 12 siswa dengan persentase 60% sedangkan siswa yang berkategori rendah sebanyak 3 siswa dengan persentase 15%. Jadi dominan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi SPLDV pada siswa kelas VIII di MTs Sa’adatuddarain adalah 60% dengan kategori sedang.

Downloads

Published

2023-06-25