Hubungan Antara Big Five Personality Dengan Self-Disclosure Pada Dewasa Awal Pengguna Media Sosial Instagram
DOI:
https://doi.org/10.59141/comserva.v3i1.763Keywords:
Big Five Personality, Self-Disclosure, Media InstagramAbstract
Berkembangnya internet di era digital menjadi fenomena dunia dalam beberapa tahun terakhir ini. Tidak kalah eksistensinya, Instagram menjadi salah satu media sosial yang sering digunakan oleh individu dari berbagai kalangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan signifikan antara Big Five Personality dengan Self-Disclosure pada dewasa awal pengguna sosial media Instagram. Jumlah partisipan pada penelitian ini adalah 256 orang pengguna Instagram dengan rentang usia 18-34 tahun. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional dengan teknik pengambilan data sampling insidental. Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini adalah Revised Self-Disclosure Scale dan Big Five Personality Inventory. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa trait extraversion, agreeableness, conscientiousness, dan neuroticism memiliki hubungan positif signifikan dengan self-disclosure pada dewasa awal pengguna media sosial Instagram. Sedangkan openness to experience tidak memiliki hubungan signifikan dengan self-disclosure pada dewasa awal pengguna media sosial Instagram.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 COMSERVA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.