Pemberdayaan Usaha Tali Rumpon Melalui Instagram Sebagai Media Sosial

Authors

  • Deddy Ibrahim Rauf Program Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Malang.
  • Agung Winarno Program Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Malang.
  • Agus Hermawan Program Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Malang.

DOI:

https://doi.org/10.59141/comserva.v1i8.76

Keywords:

media sosial;, pemberdayaan;, tali rumpon

Abstract

Pandemi COVID-19 memberikan dampak yang sangat besar terhadap berbagai aspek dan sektor di masyarakat, salah satunya dampak ekonomi para pelaku usaha UMKM. Para pelaku mengeluhkan bahwa tingkat pendapatan dan komsumi masyarakat menurun sejak adanya pandemi. Pemanfaatan media sosial untuk media pemasaran dirasa tepat untuk menghadapi masa pandemi seperti saat ini. Kegiatan pengabdian bertujuan untuk membantu pemilik usaha tali rumpon mandar Desa Karama Kabupaten Polewali Mandar dalam penggunaan media sosial sebagai sarana pemasaran hasil produk tali rumpon. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini yakni memberikan pelatihan pembuatan konten produk, pendampingan pembuatan media sosial dan publikasi hasil konten produk yang dipasarkan. Hasil dari kegiatan pelatihan ini dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media sosial Instagram mempunyai dampak positif bagi pengembangan pemasaran produk Tali Rumpon yakni dapat dijangkau oleh masyarakat luas. Selain itu, pemasaran melalui media sosial juga mengurangi intensitas bertemu banyak orang dan penjualannya akan meningkat.

Downloads

Published

2021-12-30