Digitalisasi Arsip Kepegawaian Pada Kantor BPKD Kabupaten Aceh Barat
DOI:
https://doi.org/10.59141/comserva.v1i8.63Keywords:
Kata Kunci;, Digitalisasi,, Arsip KepagawaianAbstract
Kearsipan didefinisikan sebagai lembaga yang menyelenggarakan segala kegiatan yang berkaitan dengan pendaftaran, penanganan, penyimpanan, dan penyimpanan dokumen kepentingan internal dan eksternal, baik untuk urusan pemerintahan maupun non-pemerintah, melalui pelaksanaan kebijakan dan sistem tertentu yang bertanggung jawab. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menentukan digitalisasi arsip pelayanan publik di kantor BPKD masa pemerintahan Aceh Barat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan digitalisasi arsip pribadi di kantor BPKD kerajaan Aceh Barat sudah baik, namun belum optimal karena pengelola masih kesulitan dalam pelaksanaannya dan banyak arsip yang menumpuk di meja. Faktor penghambat kantor BPKD Kabupaten Aceh Barat dalam melaksanakan pengelolaan berkas secara menyeluruh, mulai dari penataan berkas, penyimpanan berkas, peminjaman berkas, pengembalian berkas, perawatan berkas, berkas, pengamanan berkas hingga reduksi berkas yaitu kurangnya personel khusus sumber daya. Kearsipan, kurangnya kesadaran dan kedisiplinan petugas dalam memelihara dan mengelola arsip, serta pengurangan arsip belum teratasi karena proses penataan dan pemeliharaan arsip belum selesai.