Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Manajemen Laba

Authors

  • Dwi Urip Wardoyo Telkom University Bandung Jawa Barat, Indonesia
  • Intan Aisah Telkom University Bandung Jawa Barat, Indonesia
  • Suci Indiarti Masri Telkom University Bandung Jawa Barat, Indonesia
  • Vivi Afriyani Telkom University Bandung Jawa Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/comserva.v2i09.584

Keywords:

Corporate Social Responsibility Disclosure, Earnings Management, Corporate Social Responsibility

Abstract

Laba merupakan salah satu indikator penting dalam menentukan dan mengevaluasi kinerja perusahaan serta menjadi pusat perhatian bagi para investor yang membantu dalam pengambilan keputusan investasi. Perusahaan akan berusaha melaporkan laba yang terbaik bagi perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang dapat mempengaruhi manajemen laba. Metode penelitian ini adalah metode tinjauan atau review yang terstruktur sehingga dapat mengidentifikasi faktor apa saja yang dapat mempengaruhi manajemen laba. Metode dalam pencarian sumber data artikel dilakukan melalui Google Scholar (2017-2022) yang menyediakan artikel karya tulis ilmiah yang relevan sesuai dengan penelitian. Hasil literatur review dari 35 artikel atau jurnal mengungkapan bahwa pengungkapan corporate social responsibility berpengaruh negatif atau tidak signfikan terhadap manajemen laba.

Downloads

Published

2023-01-25