Pengaruh Keaktifan Organisasi dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.59141/comserva.v2i09.574Keywords:
Keaktifan Organisasi, Motivasi Belajar, Prestasi BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keaktifan organisasi dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa bidikmisi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 115 mahasiswa. Teknik pemilihan responden menggunakan purposive sampling dengan menggunakan rumus Slovin sehingga diperoleh sampel berjumlah 90 mahasiswa bidikmisi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner dengan menggunakan skala likert. Data dianalisis dengan teknik regresi berganda menggunakan bantuan program SPSS-26. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, ditemukan bahwa keaktifan organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar, motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar dan keaktifan organisasi dan motivasi belajar secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar