Proses Pembelajaran Hots Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning Menggunakan Teknik Mint Maping Pada Kelas VIII A di MTsN 6 Padang Pariaman Tahun Pelajaran 2022/2023

Authors

  • Helmiyanti Helmiyanti MTsN 6 Padang Pariaman

DOI:

https://doi.org/10.59141/comserva.v2i09.562

Keywords:

sekolah, mts;

Abstract

Pembelajaran IPS merupakan mata pelajaran berhubungan dengan aktivitas masyarakat dengan lingkungannya yang saling membutuhkan, hidup secara bermasyarakat yang mempunyai karakter-karakter dasar social, komparasi ras dan suku bangsa serta lingkungan fisik social budaya. Untuk menghadapi era Revolusi Industri 4.0, peserta didik harus dibekali keterampilan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skills).  Salah satu model pembelajaran yang berorientasi pada HOTS dan disarankan dalam implementasi Kurikulum 2013 adalah model pembelajaran berbasis masalah Problem Based Learning menggunakan tekhnik mind mapping. Tujuan penulisan ini adalah mendeskripsikan model pembelajaran problem based learning menggunakan tekhnik Mind Mapping di kelas VIII.A MTsN 6 Padang Pariaman TahunPelajaran 2022/2023.Dari data yang diperoleh ternyata dengan menggunakan pembelajarn diskusi tanya jawab biasa, ternyata tingkat berfikir kritis peserta didik dalam memahami konsep materi sangat sedikit sekali, sehingga hasil ulangan hariannya hanya 15 orang yang mencapai ketuntasan, sedangkan setelah digunakan model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan tekhnik Mind Mapping maka kelas VIII.A menunjukkan hasil 27 dari 32 peserta didik mencapai ketuntasan

Downloads

Published

2023-01-13