Pelatihan Penggunaan Game “Anak Kewan” Menggunakan Power Point Sebagai Solusi Media Pembelajaran Daring
DOI:
https://doi.org/10.59141/comserva.v1i7.48Keywords:
pandemi;, Game ;, media pembelajaran.Abstract
Adanya pandemi COVID-19 sangat berdampak terhadap semua lini kehidupan manusia. Pendidikan merupakan salah satu bagian kegiatan yang terdampak pandemi. Kegiatan pembelajaran yang tadinya dilakukan dengan tatap muka secara langsung harus diubah menjadi pembelajaran jarak jauh melalui media online. Perubahan sistem pembelajaran ini membuat para pendidik harus mampu menghadirkan kegiatan pembelajaran yang menarik agar peserta didik dapat memahami materi dengan baik. Pembelajaran secara daring/online membutuhkan komitmen dari guru, siswa, dan orang tua. Ketiganya harus mampu meluangkan waktu, tenaga, fasilitas, serta komitmen yang kuat untuk menjalankan pembelajaran daring. Guru pun membutuhkan ekstra tenaga untuk mendidik, meningkatkan minat siswa, serta memberikan materi secara sederhana namun mudah dipahami siswa melalui video conference maupun meeting. Guru dituntut untuk melek teknologi dan juga memiliki kemampuan untuk membuat media-media pembelajaran yang inovatif. Penelitian ini bertujuan dalam meningkatan kemampuan tersebut maka diperlukan pelatihan terhadap guru UPT SD Negeri 147 Gresik untuk dapat menggunakan dan mengedit aplikasi Game “AWAN” atau Anak Kewan. Pelatihan ini dilakukan dengan metode pelatihan. Melalui pelatihan penggunaan Game “AWAN” dapat menghasilkan peningkatkan pembelajaran yang menarik sehingga mampu mengurangi kebosanan siswa. Pelatihan dilakukan untuk mendorong guru untuk menguasai media berbasis teknologi.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.