Analisis Keterlibatan Belajar Siswa Secara Online

Authors

  • Anggi Gusrina Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Hulga Ryan Shori Sihombing Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Uswatun Hasanah Sitompul Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Inom Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/comserva.v1i7.46

Keywords:

manajemen pembelajaran;, belajar siswa online.

Abstract

Pembelajaran secara daring atau online menciptakan permasalahan baru dan bentuk beban yang baru dalam teknik pendidikan yang berbeda.  Dikarenakan media hingga metode yang disajikan dalam pembelajaran akan berpengaruh besar terhadap hasil belajar siswa atau peserta didik.  Tujuan penelitian ini untuk menganalisa dalam keterlibatan siswa atau peserta didik serta hambatan yang dilalui mereka dalam menjalankan pembelajaran secara online.  Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang dimana bersifat lebih deskriptif, dengan subjek para peserta didik 1 hingga 6 SD Negeri 013864 tepatnya di Desa Lubuk Palas dusun II, dan tingkat Mts Al-washliyah punggulan Air joman kelas 8-9 dan tenaga pendidik dan kependidikan yang mengajar di tingkat SD/MI, SMP/MTS hingga SMA/SMK serta sejumlah masyarakat yang anak-anaknya masih mengemban pendidikan dan melakukan proses pembelajaran secara daring atau online.  Adapun pengumpulan data melalui dua macam angket keterlibatan dan hambatan peserta didik yang diperkuat dengan wawancara, observasi dan kajian dokumentasi penelitian yang dilakukan sebelumnya oleh para ahli, sedangkan untuk analisis data yang digunakan adalah kualitatif berdasarkan hasil wawancara, observasi dan kajian dokumentasi penelitian yang dilakukan.  Hasil dari penelitian ini adalah keterlibatan peserta didik atau siswa dalam pembelajaran secara online atau daring cukup memperlihatkan keterlibatan dan pengaruh yang ada, yang tanpa disadari dan kurangnya kesadaran dan cekatan dalam penanganan kendala atau hambatan yang dialami para peserta didik atau siswa.  Pelaksanaan pembelajaran secara online pada peserta didik, tidak mencapai target yang diinginkan dalam dunia pendidikan dikarenakan banyaknya hambatan yang dilalaikan atau dibiarkan.  Meskipun pembelajaran secara online dapat dilakukan dimana saja, dan kapan saja. Namun, respon dan pemahaman siswa atau peserta didik menurun akibat tidak memperhatikan poin-poin pengaruh yang perlu diperhatikan dalam pembelajaran secara online atau daring

Downloads

Published

2021-11-18