Kontribusi Penggunaan Aplikasi Answer Garden Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Simdig Kelas X di SMK Negeri 1 Siabu Mandailing Natal
DOI:
https://doi.org/10.59141/comserva.v1i7.40Keywords:
Answer garden,, korelasi,, kuantitatif,, non-probability sampling,, sampling jenuh,, feedbackAbstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada kontribusi Penggunaan Aplikasi Answer garden terhadap hasil belajar siswa kelas X di SMK Negeri 1 Siabu Mandailing Natal. Answer garden adalah alat online (Website) gratis yang memungkinkan anda membuat Cloud kata-kata dari pernyataan atau kalimat. Penulis meneliti ini karna penulis menemukan beberapa masalah dimana masalahnya kurangnya antusias peserta didik saat daring karena Guru hanya menggunakan WhatsApp sebagai media pembelajaran, guru susah mengontrol dan mendapatkan fokus peserta didik, peserta didik melakukan hal lain saat pembelajaran daring berlangsung seperti bermain game dan lain, dan Tumbuhnya rasa bosan peserta didik karena guru memberikan materi, menyuruh siswa membaca. Lalu memberikan tugas dengan deadline tertentu. Jenis Penelitian yang digunakan oleh penulis adalah korelasi dengan proses pengolahan data kuantitatif. Populasi yang diambil adalah seluruh kelas X jurusan teknik kendaraan ringan otomotif dengan jumlah 24 siswa dan pengambilan sampel di dilakukan dengan menggunakan teknik non-probability sampling yang teknik sampling jenuh yang berarti seluruh populasi menjadi sampel. Instrumen penelitian berupa angket. Hasil penelitian setelah diolah menggunakan SPSS diperoleh R2 adalah 0,726 yang berarti bahwa H1 diterima H0 ditolak yaitu “terdapat kontribusi penggunaan aplikasi answar garden sebesar 72,6% terhadap hasil siswa Kelas X pada mata pelajaran Simdig Di SMK N 1 Siabu Mandailing Natal”. Jadi, Penggunaan Aplikasi Answer garden pada masa pandemi COVID-19 efektif digunakan sebagai feedback saat proses pembelajaran berlangsung dan memiliki kontribusi terhadap hasil belajar siswa.