Adopsi Web Content Accessibility Guidelines (WCAG) 2.0 untuk Meningkatkan Tingkat Aksesibilitas Website Admisi Universitas
Downloads
Transformasi digital dalam sektor pendidikan menjadikan website admisi pada perguruan tinggi sebagai pintu masuk utama bagi calon mahasiswa baru yang sangat bergantung pada seberapa mudah aksesibilitas dalam penggunaannya. Sebagai calon mahasiswa baru, terutama bagi penyandang disabilitas dapat menjadi tantangan besar jika website sulit diakses. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi adopsi pedoman Web Content Accessibility Guidelines (WCAG) 2.0 pada website admisi universitas di Indonesia, yang terdiri dari 5 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan 2 Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Penelitian menggunakan metodologi Website Accessibility Conformance Evaluation Methodology (WCAG-EM) dan evaluasi website dilakukan menggunakan tools evaluasi aksesibilitas otomatis AChecker dan silktide untuk mengidentifikasi jumlah dan jenis error berdasarkan prinsip-prinsip WCAG 2.0 level A, AA, dan AAA. Hasil evaluasi menunjukan masih terdapat pelanggaran yang sering terjadi pada halaman admisi yaitu Purpose of Link (In Context), Non-text Content, Info and Relationship, Resize Text, dan Contrast (Enhanced). Hasil ini menunjukkan bahwa masalah utama bukan karena keterbatasan teknis, tetapi karena kurangnya penerapan prinsip-prinsip dasar pengembangan web inklusif. Hasil ini juga menunjukkan bahwa ada perbedaan antara praktik pengembangan web umum dan standar aksesibilitas global, dan pentingnya untuk meningkatkan kesadaran dan komitmen institusional terhadap aksesibilitas digital.
Copyright (c) 2025 Febritama Raka Qualita Akhsana, Hari Setiaji

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


