Peningkatan Produktivitas dan Berpikir Kreatif Melalui Penerapan SOP Efektif pada In-House Training (IHT) Guru SMK MPV ARS Internasional Bandung

SOP In-House Training Produktivitas Berpikir Kreatif Guru SMK

Authors

November 17, 2025

Downloads

Tenaga pendidik di era modern dituntut untuk terus meningkatkan kompetensi secara berkelanjutan. In-House Training (IHT) merupakan salah satu strategi pengembangan profesionalisme guru yang esensial, namun pelaksanaannya seringkali menghadapi kendala. Permasalahan utama yang diidentifikasi di SMK MPV ARS Internasional Bandung adalah pelaksanaan IHT yang belum terstruktur, cenderung tidak fokus, dan memakan waktu tidak produktif, sehingga berdampak pada rendahnya luaran dan minimnya stimulasi berpikir kreatif. Tujuan kegiatan PKM ini adalah untuk meningkatkan produktivitas dan kemampuan berpikir kreatif tenaga pendidik melalui perancangan dan penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang efektif untuk kegiatan IHT. Metode yang digunakan adalah pendekatan partisipatif melalui workshop, pendampingan (mentoring), dan evaluasi. Kegiatan ini melibatkan 25 guru sebagai peserta. Keberhasilan dievaluasi menggunakan pre-test dan post-test serta survei kepuasan. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan pemahaman guru akan pentingnya SOP dalam IHT, dari nilai rata-rata 48% (pre-test) menjadi 91% (post-test). Selain itu, 92% peserta menyatakan bahwa penerapan SOP yang baru dirancang membuat IHT lebih produktif dan terarah, serta justru memberikan ruang lebih besar untuk diskusi kreatif dengan mengurangi hambatan prosedural. Disimpulkan bahwa SOP yang efektif dapat menjadi alat strategis untuk meningkatkan produktivitas dan memfasilitasi berpikir kreatif dalam program pengembangan guru.