Analisis Model-Model Pembelajaran dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
Downloads
Salah satu kebutuhan terpenting bagi eksistensi manusia adalah pendidikan. Meningkatkan motivasi belajar siswa merupakan salah satu metodenya. Melalui penggunaan pendekatan pembelajaran media poster dan tepuk tangan, penelitian ini berupaya untuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar siswa. Penelitian kualitatif dengan menggunakan metodologi studi kasus merupakan metodologi penelitian yang digunakan. Sebanyak 22 siswa dari kelas 4B di SD Negeri 159 Palembang menjadi subjek penelitian. Metode pengumpulan data meliputi dokumentasi, wawancara, dan observasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media poster dan tepuk tangan meningkatkan hasil belajar siswa. Hanya sebagian kecil siswa yang terlibat dalam pembelajaran sebelum penggunaan media, dan mereka cenderung pasif. Namun setelah media digunakan, siswa mulai berpartisipasi di kelas dengan lebih aktif dan lebih antusias. Data ini mendukung penggunaan media tepuk tangan dan poster sebagai pengganti.
Copyright (c) 2025 Suci Ramadhona, Zelvi Anggraini, Zahratul Zannah, Turi Indah Ilbari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


