Pengaruh Self Leadership Terhadap Job Embededdness pada Guru-Guru dengan Variabel Mediasi Psychological Capital
DOI:
https://doi.org/10.59141/comserva.v2i5.324Keywords:
: Modal Psikologis; Kepemimpinan Diri; Keterikatan PekerjaanAbstract
Pendidikan merupakan salah satu komponen penting dalam menjalani kehidupan bermasyarakat, memperbaiki dan meningkatkan pilihan dalam kualitas hidup. Setiap individu yang melakukan suatu pekerjaan memerlukan Job embeddednes agar terciptanya nilai baik bagi karyawannya maupun organisasinya. Penelitian ini dilakukan untuk mengeksplorasi pengaruh psychological capital terhadap job embeddedness dengan self leadership dan psychological capital sebagai mediasi. Kontribusi dari penelitian ini diharapkan dapat menambahkan informasi pada tataran teori atau keilmuan pedidikan. Merujuk pada hasil penelitian terdahulu dan teori empiris terkait proses pembelajaran dan inovasi organisasi, penelitian ini di design pengumpulan datanya dengan menyebarkan kuesioner baik secara langsung maupun kuesioner online. Responden penelitian ini dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling sebanyak 224 responden. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kuantitatif dengan metode Structural Equation Model (SEM), dimana hasil yang didapatkan adalah psychological capital berdampak positif pada job embeddedness, Self leadership memiliki dampak positif terhadap job embeddedness, Psychological capital memediasi hubungan self leadership dan job embeddedness.