Kajian Didaktika Kristen Interdisipliner
DOI:
https://doi.org/10.59141/comserva.v5i2.3231Keywords:
Christian education, interdisciplinary didactics, interdisciplinary approach, student understanding, student engagement.Abstract
Pendidikan Kristen memainkan peran penting dalam membentuk karakter dan moralitas individu, terutama dalam konteks masyarakat yang semakin kompleks dan beragam. Namun, terdapat tantangan dalam praktiknya, yaitu kurangnya pendekatan interdisipliner yang dapat memperkaya pengajaran dan relevansi materi ajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengembangkan model didaktika interdisipliner dalam pendidikan Kristen yang dapat diterapkan secara praktis. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi literatur, yang melibatkan pengumpulan, analisis, dan sintesis informasi dari berbagai sumber terpercaya, seperti buku dan artikel jurnal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi berbagai disiplin ilmu, seperti psikologi, sosiologi, dan etika, dalam pembelajaran berbasis nilai Kristen dapat meningkatkan pemahaman dan keterlibatan siswa. Siswa yang terlibat dalam pembelajaran interdisipliner menunjukkan peningkatan dalam kemampuan berpikir kritis dan relevansi materi ajar dengan konteks sosial yang nyata. Selain itu, penelitian ini menyoroti perlunya pelatihan bagi pendidik untuk memahami pendekatan ini, serta pengembangan kurikulum yang mengintegrasikan nilai-nilai spiritual dengan isu-isu kontemporer. Hasil penelitian ini dapat memberikan kontribusi penting bagi praktek pendidikan Kristen dan menawarkan solusi untuk tantangan yang ada.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Benyamin Dadi Ratu Mofu

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.